Data Pemilih Pemula, KPU Kabupaten Kubu Raya Lakukan Koordinasi ke Dinas Pendidikan Kalbar

By Administrator  Selasa, 21 September 2021 20:02:08 WIB - dibaca 41 kali

KUBU RAYA - KPU Kabupaten Kubu Raya secara aktif terus melakukan koordinasi dengan sejumlah institusi terkait dalam rangka memutakhiran daftar pemilih.

Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi bersama Anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi Ahmad Fauzi, Plt Sekretaris Fitri dan Sulidianto sebagai tenaga pendukung menyambangi dan menggelar pertemuan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar guna mendapatkan data pemilih pemula.

Para perwakilan dari KPU Kubu Raya tersebut di terima oleh Fransiskus Dedy Susanto sebagai Penyusun Program, Anggaran dan Pelaporan Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar

Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi mengatakan bahwa kordinasi tersebut merupakan tindak lanjut SE 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 Perubahan surat ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 Perihal tentang pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan tahun 2021 yakni KPU melaksanakan pemutakhiran data pemilih yang salah satu diantaranya penduduk yang sudah berusia 17 atau yang biasa disebut dengan pemilih pemula.

"Koordinasi ini merupakan suatu ikhtiar KPU Kabupaten Kubu Raya dalam memutakhirkan data pemilih" terang nya.

Menurut Karyadi, data peserta didik yang ada di dalam dinas pendidikan provinsi kalimantan barat adalah suatu bagian data yang menjadi pendukung kpu dalam memutakhirkan data pemilih.

Oleh karena itu, Karyadi berharap dari upaya komunikasi dan koordinasi tersebutdinas pendidikan provinsi dapat memberikan dukungan pada KPU Kabupaten kubu raya dalam memutakhirkan data pemilih pemula yang ada di sekolah menengah atas yang merupakan penduduk kabupaten kubu raya.

Karyadi juga menerangkan bahwa kpu kabupaten kubu raya melakukan pemutakhiran data pemilih setiap bulan.

"Untuk itu kami sangat berterimakasih atau dukungan dinas pendidikan provinsi kalimantan barat. Untuk waktu,kpu tidak menargetkan secepat nya dan tidak juga sekaligus dalam pemberian datanya," ujarnya.

Hal teknis Lanjutan juga dipaparkan oleh Komisioner KPU Kubu Raya Ahmad Fauzi bahwa pihaknya akan melayangkan surat resmi resmi untuk mendapatkan data pokok peserta didik yang telah berumur 17 tahun baik yang masih sebagai peserta didik maupun yang telah lulus untuk selanjutnya dimasukkan kedalam daftar pemilih KPU Kabupaten Kubu Raya disertai dengan format yang ada di KPU.

"Kita akan bersurat ke dinas pendidikan kalbar untuk memohon bantuan data pokok peserta didik khususnya di Kubu Raya. Para siswa yang sudah 17 tahun akan kita masukan ke dalam daftar pemilih dengan format di KPU," papar Fauzi.

Sementara itu, Penyusun Program, Anggaran dan Pelaporan Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar Fransiskus Dedy Susanto mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung upaya KPU Kubu Raya dalam pendataan pemilih pemula.

"kami mendukung koordinasi yang dilakukan kpu untuk memutakhirkan data pemilih,namun untuk memberikan data tersebut pihak kami juga tidak bisa cepat dalam waktu satu atau dua hari" ujarnya. (fz)


'