Inovasi Pemutakhiran Data Pemilih, KPU Kabupaten Kubu Raya jajaki kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kubu Raya

By Administrator  Senin, 06 Juli 2020 19:32:02 WIB - dibaca 49 kali

SUNGAI RAYA - Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi beserta anggota Komisioner KPU Kubu Raya melakukan audiensi dan koordinasi ke Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya. Selasa (30/6/2020) lalu.

Audiensi dan Koordinasi tersebut dilakukan dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang secara aktif dilakukan oleh KPU.

Seluruh jajaran fungsionaris KPU Kabupaten Kubu Raya di sambut dengan cukup hangat oleh Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya, Sarinah.

Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi menjelaskan bahwa koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya dalam rangka mengkonfirmasi tentang jumlah desa yang ada di Kubu Raya.

Berdasarkan data yang terinput di dalam sistem informasi data pemilih yang dimiliki KPU, dilansir bahwa terdapat 117 desa di Kabupaten Kubu Raya.

Setelah mendapatkan penjelasan dari Kabid Pemdes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya memang terdapat satu desa di Kubu Raya yang masih menunggu nomor register dari Kemendagri, sehingga data desa di Kubu Raya dari data KPU masih 117 desa.

"Namun secara legalitas formil di Kabupaten Kubu Raya terdapat 118 desa. Satu desa yakni Desa Ampera Raya yang belum masih menunggu nomor registernya dari Kemendagri," ujarnya.



Karyadi mengatakan penjajakan komunikasi terus dilakukan oleh KPU dengan sejumlah instansi pemerintah dalam upaya menyukseskan pemutakhiran data pemilih di Kabupaten Kubu Raya, termasuk di antaranya adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya.

"Kita terus menjajaki komunikasi dengan sejumlah stakeholder seperti Disdukcapil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya, serta Instansi lainya untuk bersinergi dengan KPU dalam melakukan pemutahiran data pemilih," ujarnya

"Tujuan utama tentunya adalah untuk mewujudkan Daftar Pemilih yang berkualitas," imbuhnya. (Fz)


'