KPU Kubu Raya Gelar Rapat Pleno Daftar Pemilih Berkelanjutan Triwulan Ketiga Secara Virtual

By Administrator  Jumat, 01 Oktober 2021 20:30:22 WIB - dibaca 29 kali

KUBU RAYA - KPU Kabupaten Kubu Raya terus memantapkan kualitas daftar pemilih guna menyongsong suksesnya penyelenggaraan Pemilu pada 2024 mendatang.

Satu di antara yang secara regular dilaksanakan setiap bulan oleh KPU Kubu Raya yakni melalui proses pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan.

Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi menuturkan pada Kamis, 30 September 2021 lalu pihaknya bersama dengan seluruh jajaran Komisioner KPU Kubu Raya menggelar rapat pleno Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan triwulan ketiga pada tahun 2021.

"Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini merupakan amanah dari Undang- Undang, kami terus berkomitmen secara aktif untuk melakukan pemutakhiran dengan memperhatikan data kependudukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," ujarnya Jumat, 1 Oktober 2021.

Kegiatan yang digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting tersebut turut dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Kubu Raya, Disdukcapil, Polres Kubu Raya, Lapas 2A Pontianak, Kemenag, Kesbangpol dan Sejumlah Perwakilan parpol.

Karyadi memaparkan dari pemutakhiran data pemilih berkelanjutan triwulan ke 3 ini merupakan hasil dari tiga bulan terakhir yaitu Juli , Agustus dan September. Sesuai amanat Surat Edaran 366 maka kami pada bulan September melaksanakan Rapat Koordinasi yang dihadiri stakeholder. Hasil rekapitulasi triwulan 3  daftar pemilih berkelanjutan mengalami perubahan dengan di pemilih baru berjumlah 517 dengan rincian 196 Pemilih laki laki dan 321 pemilih perempuan. Data pemilih tidak memenuhi syarat terperinci Laki laki sebanyak 406 pemilih dan Perempuan sebanyak 1.490 pemilih.

Data pemilih baru dan data pemilih tidak memenuhi syarat mengalami perubahan dikarenakan penduduk yang sudah berusia 17 tahun (pemilih pemula) , penduduk pindah domisili serta penduduk meninggal dunia. Sumber data tersebut didapatkan dari Disdukcapil Kabupaten Kubu Raya dan tanggapan masyarakat. Adapun perbaikan data pemilih yakni pemilih laki-laki sebanyak 20 pemilih dan perempuan 16 pemilih,merupakan hasil pencermatan KPU Kabupaten Kubu Raya.

"Secara komumulatif total pemutakhiran daftar pemilih pada triwulan ketiga berjumlah 421.579 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 213.013 dan perempuan sebanyak 208.566," papar karyadi.

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Kubu Raya dan seluruh elemen masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam memperbaharui data pemilih jika terjadi perubahan data kependudukan.

Saat rapat koordinasi dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Kubu Raya menyampaikan akan memberikan tanggapan kepada KPU Kubu Raya terkait data hasil uji petik yang dilakukan. Dari keterangannya Bawaslu Kabupaten Kubu Raya mengantongi 56 penduduk yang meninggal dunia dan memiliki element data berupa NIK, NKK dan nama. Data tersebut nantinya akan diserahkan ke KPU Kabupaten Kubu Raya.

“Kami mengapresiasi langkah Bawaslu Kabupaten Kubu Raya dalam melakukan uji petik guna memberikan masukan kepada KPU Kabupaten Kubu Raya dalam melakukan pemutakhiran Data pemilih berkelanjutan. Tentu jika data tersebut sudah diserahkan, maka kami akan melakukan penyandingan dengan DPT yang telah dimutakhirkan. Perlu diketahui KPU melaksanakan Pemutakhitran data pemilih berkelanjutan sejak tahun 2020 “ ujar Ahmad Fauzi selaku divisi perencanaan data dan informasi.

"Langkah yang dilakukan rekan rekan Bawaslu sangat lah membantu dan kami berharap partisipasi aktif seluruh element masyarakat dalam pemutakhiran data pemilih merupakan hal yang sangat penting. Sudah tentu muaranya nanti pada kualitas Daftar Pemilih Tetap pada masa pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah," pungkasnya.

Data hasil pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan dapat di akses melalui website KPU Kabupaten Kubu Raya (http ://kpu-kuburayakab.go.id) serta di umumkan di papan pengumuman KPU Kabupaten Kubu Raya. (Fz)


'