KPU Kubu Raya Gelar Rapat Pleno Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Agustus 2021

By Administrator  Rabu, 01 September 2021 18:11:23 WIB - dibaca 61 kali

KPU Kubu Raya Gelar Rapat Pleno Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Agustus 2021

KUBU RAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya menetapkan 421.986 pemilih ke dalam Daftar Pemilih Kabupaten Kubu Raya periode Agustus 2021.

Penetapan tersebut dilakukan dalam Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan yang digelar oleh KPU Kabupaten Kubu Raya pada Selasa, 31 Agustus 2021 di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi menuturkan bahwa perbaikan data pemilih tersebut merupakan pencermatan data yang dilakukan oleh KPU dengan menyandingkan data dari berbagai sumber.

"Terdapat 450 pemilih yang tidak memenuhi syarat dan 123 pemilih yang memenuhi syarat dari data pemilih berkelanjutan pada bulan Juli 2021 lalu," ujarnya dalam rilisnya, Rabu 1 September 2021.

Karyadi menjelaskan bahwa terdapat beberapa faktor yang membuat pemilih menjadi tidak memenuhi syarat, beberapa di antaranya yakni terdapat penduduk yang pindah dari Kubu Raya, meninggal dunia, pindah domisili.

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas daftar pemilih. oleh karena itu kami sangat terbuka dengan masukan dari masyarakat, jika terdapat pemilih yang belum masuk ke dalam daftar pemilih begitu juga sebaliknya," ujarnya.

Dirinya menjelaskan menjadi pemilih merupakan hak konstitusional setiap warga negara yang dijamin oleh negara bagi penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih.

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Kubu Raya dan seluruh elemen masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam memperbaharui data pemilih jika terjadi perubahan data kependudukan.

Data hasil pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan dapat di akses melalui website KPU Kabupaten Kubu Raya (http ://kpu-kuburayakab.go.id) serta di umumkan d papan pengumuman KPU Kabupaten Kubu Raya.

"Partisipasi aktif dalam pemutakhiran data pemilih merupakan hal yang sangat penting. Sudah tentu muaranya nanti pada kualitas Daftar Pemilih Tetap pada masa pemilihan umum," pungkasnya. (*)


'