KPU Kubu Raya Lakukan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Mei 2021

By Administrator  Kamis, 03 Juni 2021 21:48:24 WIB - dibaca 71 kali

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - KPU Kabupaten Kubu Raya melakukan rapat pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode bulan Mei 2021.

Ketua KPU Kubu Raya Karyadi menjelaskan bahwa rapat pleno tersebut dilakukan untuk terus memperbaharui kualitas data pemilih di Kabupaten Kubu Raya yang nantinya akan digunakan sebagai dasar penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pelaksanaan pemilihan umum mendatang.

"Pembaharuan data tersebut dengan mengeluarkan daftar pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan memasuk kan pemilih Memenuhi Syarat (MS)" ujarnya sesaat setelah menggelar rapat pleno rekapitulasi di kantor KPU Kabupaten Kubu Raya, Senin 31 Mei 2021.

Ia menerangkan terdapat 596 pemilih yang dikeluarkan (TMS) dari daftar pemilih yang  rinciannya 355 pemilih laki-laki dan 241 pemilih perempuan, serta penambahan pemilih baru (MS) berjumlah 541 yang dimana rincian nya 285 pemilih laki laki dan 256 pemilih perempuan Untuk periode Mei 2021, Sehingga jumlah daftar pemilih Kabupaten Kubu Raya menjadi 422.719.

"Tertanggal 30 April 2021 lalu Jumlah daftar pemilih di kubu raya barada di angka 422.774, setelah diperbaharui jumlah DPB bulan Mei 2021 menjadi 422.719, artinya dari bulan April ke bulan Mei data pemilih KPU Kabupaten Kubu Raya berkurang 55 Pemilih " papar karyadi.

Dirinya menambahkan bahwa perubahan di dalam data pemilih berkelanjutan tersebut juga diunggah di laman website KPU Kabupaten Kubu Raya ( https://kpu-kuburayakab.go.id/ ) agar bisa diakses oleh masyarakat secara keseluruhan.

“kami pun memasang seluruh hasil rekapitulasi data pemilih tersebut di papan pengumuman di Kantor KPU Kabupaten Kubu Raya,” ujarnya.

Karyadi juga mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat untuk memberikan masukan kepada KPU Kabupaten Kubu Raya, sehingga seluruh pemilih dapat terakomodir dalam daftar pemilih. Untuk tanggapan masyarakat dapat dilakukan secara online maupun langsung mengunjungi kantor KPU Kabupaten Kubu Raya (offline).

"jika ada masukan dan  perbaikan yang perlu dilakukan oleh petugas  sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap dapat terakomodir secara baik dan benar," pungkasnya. (fz)


'