Mutakhirkan Data Pemilih, KPU Kubu Raya Jalin Koordinasi ke PT ASABRI

By Administrator  Senin, 03 Agustus 2020 09:20:56 WIB - dibaca 73 kali

SUNGAI RAYA - Proses pemutakhiran data pemilih terus dilakukan oleh KPU Kabupaten Kubu Raya.
Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan 2020 seperti yang di amanatkan surat KPU RI Nomor 181/PL.02.1-SD/01/KPU/II/2020 dan 550/PL.02.1-SD/01/KPU/VII/2020 untuk   meningkatkan kualitas data pemilih.

Satu di antara langkah aktif melakukan pemutakhiran data pemilih, KPU Kabupaten Kubu Raya melakukan koordinasi ke PT. ASABRI. Langkah itu dilakukan untuk mendata pensiunan TNI/POLRI yang data kependudukannya di Kabupaten Kubu Raya agar memiliki hak pilih sehingga di akomodir masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap.

"Sehingga pada pelaksanaan pemilu nanti dapat memberikan hak pilih baik pada momen Pileg, Pilpres, maupun Pilkada," ujar Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi saat melakukan koordinasi ke Kantor PT ASABRI.

Saat melakukan Koordinasi ke PT ASABRI Ketua KPU Kubu Raya Karyadi didampingi oleh para Komisioner KPU Kubu Raya lainya yakni Encep Endan, Ahmad Fauzi, Syarifah nur'aini dan kasubag program data serta staff KPU Kabupaten Kubu Raya.

Jajaran KPU Kubu Raya disambut langsung oleh Kepala Kantor PT.ASABRI cabang Pontianak Hary Sarwono dan terjalin komunikasi yang cukup interaktif.

Disisi lain Ahmad Fauzi Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Kubu Raya menerangkan bahwa kunjungan ini pada intinya membahas tentang pemutakhiran data pemilih berkelanjutan khususnya bagi pensiunan TNI/POLRI agar dapat dimasukkan kedalam pemilih pemula.

Dirinya menerangkan bahwa koordinasi ini bagian dari upaya KPU Kabupaten Kubu Raya mendata sejak dini pensiunan TNI/POLRI agar kedepannya memiliki hak pilih didalam pemilu maupun pilkada. Dalam pemutakhiran daftar pemilih KPU Kabupaten Kubu Raya akan terus melakukan koordinasi keberbagai pihak.

"Kedepannya KPU Kabupaten Kubu Raya akan berkoordinasi ke instansi pemerintah lainnya yang dianggap mempunyai data kependudukan sehingga membantu kami dalam proses pemutakhiran daftar pemilih Kabupaten Kubu Raya" ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor PT.ASABRI cabang Pontianak Hary Sarwono merespon positif atas koordinasi yang dilakukan oleh KPU Kubu Raya.

"Kita mengapresiasi dan mensuport kinerja KPU Kabupaten Kubu Raya dalam memutakhirkan data pemilih," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa dukungan yang diberikan akan menjadi bagian dari berkontribusi dalam menyukseskan pemilu. (Fz)


'