Sosialisasi Tata Cara Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya Tahun 2018, Tanggal 5 Okt 2017

By Redaksi  Jumat, 05 Oktober 2017 16:31:35 WIB - dibaca 718 kali

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kubu Raya, Kamis 5 Oktober 2017 melaksanakan Sosialisasi Tata Cara Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya Tahun 2018. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan informasi kepada Partai Politik dan Calon Perseorangan yang ingin mendaftar menjadi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat serta Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya tentang persyaratan pencalonan dan syarat calon yang harus terpenuhi. diikuti peserta dari berbagai lapisan masyarakat seperti Pimpinan daerah Kabupaten Kubu Raya (Wakil Bupati dan DPRD Kab. Kubu Raya)  Partai Politik, Instansi terkait (Kejari, Kejati, Panwas, Kejati, Kejari, Polres Mpw, Polresta, Dandim 1207, Angkasapura, Lanud), Forkompimda di lingkungan Kabupaten Kubu Raya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuka Adat, Ormas serta OKP. Yang berlangsung di Gardenia Resort and Spa Jl. A. Yani II pukul 08.00 WIB sampai dengan 14.30 WIB.

Kegiatan Sosialisasi Tata Cara Pencalonan Pemilihan di bagi menjadi dua sesi dengan 4 orang narasumber. Gustiar, Komisioner KPU Kabupaten Kubu Raya sebagai pemateri pertama menyampaikan materi tentang Simulasi Jumlah Dukungan dan Persebarannya bagi pasangan calon perseorangan dan Simulasi penentapan paling sedikit Jumlah Kursi atau Akumulasi Perolehan Suara Sah Pemilu Terakhir sebagai Syarat Pencalonan yang diajukan Partai Politik atau Gabungan Partai Politik dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya Tahun 2018. Untuk Calon pereorangan yang ingin maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya minimal harus didukung oleh 34.974 pemilih yang terdaftar dalam DPT pada Pemilihan Presiden Dan Wakil Presiden tahun 2014 yang tersebar di 5 kecamatan di kabupaten Kubu Raya. Sedangkan bagi Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang ingin mengusung Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya Tahun 2018 harus memenuhi syarat memperoleh dukungan paling sedikit 9 kursi di DPRD Kabupaten Kubu Raya atau memperoleh dukungan paling sedikit 72.834  suara sah dari akumulasi perolehan suara sah Partai Politik Peserta Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya Tahun 2014, dan penyerahan syarat dukungan minimal calon perseorangan dimulai tanggal 25 Nopember s/d 29 Nopember 2017. Sedangkan pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya dimulai tanggal 8 s/d 10 Januari 2018. Materi kedua di sampaikan oleh Anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat Delpinus dengan pemaparan tentang Tata Cara Pencalonan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota  dan Wakil Walikota.

Sesi Kedua dimulai pukul 12.45 wiba sebagai narasumber Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Kubu Raya Ardiansyah materi tentang Perkembangan Data Kependudukan dan Upaya Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Masyarakat.  Kegiatan  sosialisasi ditutup dengan materi Pengawasan Tahapan Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya Tahun 2018 oleh anggota Panwas Kabupaten Kubu Raya Uray Juliansyah.


'