Berkomitmen Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), KPU Kabupaten Kubu Raya Canangkan Pembangunan Zona Integritas

By Operator  Rabu, 09 Maret 2022 20:20:00 WIB - dibaca 188 kali

KPU Kabupaten Kubu Raya menggelar Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Rabu (9/3). Kegiatan yang dimulai tepat pada pukul 10.00 WIB itu dilaksanakan dengan Protokol Pencegahan Covid-19. Adapun kegiatan diselenggarakan di Ruang RPP KPU Kabupaten Kubu Raya secara daring melalui Aplikasi Zoom Meeting. Turut hadir dalam kegiatan tersebut KPU Provinsi Kalimantan Barat, Forkopimda Kabupaten Kubu Raya, Instansi Pemda Kubu Raya, Bawaslu Kabupaten Kubu Raya, Partai Politik tingkat Kabupaten Kubu Raya, Organisasi Masyarakat, Perguruan Tinggi, Media Massa, dan Seluruh Pemangku Kepentingan lainnya.

Kegiatan dibuka dengan kata sambutan oleh Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi, Anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat Erwin Irawan, dan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya, Karyadi menyampaikan dasar kegiatan ini diselenggarakan sesuai dengan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas. “Kami akan melakukan komitmen bersama untuk menandatangangi Pakta Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani” ujarnya. Karyadi menjelaskan terkait kegiatan yang diselenggarakan akan menayangkan Video Profil Pencanangan Pembanguna Zona Integritas, Pembacaan dan Penandatangan Pakta Integritas, serta penayangan video ucapan dukungan dari berbagai Instansi. “Dalam Video Profil Pencangan Pembangunan Zona Integritas, ada enam area perubahan yang akan dibangun oleh KPU Kabupaten Kubu Raya, yaitu Area Manajemen Perubahan, Area Penataan Tata Laksana, Area Manajemen Sumber Daya Manusia, Area Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Area Penguatan Pengawasan, dan Area Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik” jelasnya. Karyadi juga menjelaskan bahwa KPU Kabupaten Kubu Raya perlu dukungan dari seluruh pihak untuk mewujudkan Zona Integritas di lingkungan KPU Kabupaten Kubu Raya.

Sambutan dilanjutkan disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, yang dalam hal ini diwakili oleh Erwin Irawan. Dalam sambutannya ia menjelaskan bahwa KPU RI sudah berkomitmen menjalankan Pembangunan Zona Integritas sejak tahun 2016 dan KPU Provinsi Kalimantan Barat juga telah melakukan hal yang sama sejak tahun 2020. “Pembangunan Zona Integritas menunjukkan kesungguhan institusi dalam mengukuhkan komitmen untuk mencegah Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme yang disertai upaya untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi” ujarnya. Dalam rangka menghadapi Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024, Erwin Irawan mengatakan bahwa KPU perlu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Pemilu dengan salah satunya melalui kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.

Kemudian sambutan dilanjutkan oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. Ia mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini akan berdampak baik kepada seluruh pemangku kepentingan ataupun masyarakat secara umum. “Kegiatan ini akan menghasilkan rasa optimis yang baik untuk seluruh pihak” ucapnya. Muda Mahendrawan berpesan akan mendukung penuh KPU Kabupaten Kubu Raya dalam mencanangkan Pembangunan Zona Integritas. Hal itu disampaikan juga melalui video ucapan dukungan Pembangunan Zona Integritas kepada KPU Kabupaten Kubu Raya.

Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penayangan Video Profil Pencanangan Pembangunan Zona Integritas di lingkungan KPU Kabupaten Kubu Raya. Sebagai pembuktian komitmen dalam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas, Pimpinan dan seluruh pegawai KPU Kabupaten Kubu Raya melakukan Pembacaan dan Penandatangan Pakta Integritas. Kemudian kegiatan ditutup dengan penayangan video ucapan dukungan dari Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Bupati Kubu Raya, Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Dandim 1207 Pontianak, Kapolres Kubu Raya, Kepala Kejaksaan Negeri Mempawah, Ketua Bawaslu Kabupaten Kubu Raya, dan Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat. Sebelum kegiatan ditutup pada pukul 11.30 WIB, diadakan sesi foto bersama dengan tamu undangan yang turut hadir secara daring. (Yat)


'