Dalam Rangka Pembentukan Forum Koordinasi, KPU Kabupaten Kubu Raya mengadakan kunjungan ke Dinas PMD Kabupaten Kubu Raya

By Operator  Sabtu, 05 Februari 2022 05:57:47 WIB - dibaca 266 kali

KPU Kabupaten Kubu Raya mengadakan kunjungan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kubu Raya di Sungai Raya (4/2). Dalam kunjungan tersebut KPU Kabupaten Kubu Raya dipimpin oleh Encep Endan dan Syaiful Maulana yang didampingi oleh Sekretaris, Kasubag Tekmas dan dua orang staf KPU Kabupaten Kubu Raya.

Tiba di kantor Dinas PMD Kabupaten Kubu Raya, rombongan KPU Kabupaten Kubu Raya diterima langsung oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Kubu Raya Jakariansyah yang didampingi oleh Sekretaris dan dua orang Kepala Bidang dilingkungan Dinas PMD Kabupaten Kubu Raya.

Dalam kesempatan tersebut, Encep Endan menyampaikan agenda kedatangan pihaknya ke Kantor Dinas PMD Kabupaten Kubu Raya yaitu bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 7 ayat (2) Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan KPU Kabupaten/Kota diamanatkan untuk membentuk forum koordinasi tingkat Kabupaten / Kota yang melibatkan stakeholder diantaranya adalah Rukun Tetangga / Rukun Warga atau sebutan lain, sehubungan dengan hal tersebut maka KPU Kabupaten Kubu Raya merasa perlu melakukan koordinasi dengan Dinas PMD Kabupaten Kubu Raya guna mencari informasi tentang data RT/RW di Kabupaten Kubu Raya, termasuk data dan kontak person seluruh Kades di Kabupaten Kubu Raya serta asosiasinya jika memang RT/RW tersebut memiliki asosiasi.

Sementara itu Syaiful Maulana menambahkan bahwa Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang dilakukan secara periodik setiap bulan oleh KPU beberapa tahun belakangan, bertujuan untuk menciptakan Daftar Pemilih yang akurat dan akuntabel menuju Pemilu Serentak 2024. Ia juga mengatakan bahwa semangat PKPU 6 Tahun 2021 ini adalah supaya dalam proses pemutakhiran data pemilih yang akan datang KPU lebih inklusif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan seperti RT dan RW yang dianggap memiliki informasi tentang penduduk diwilayahnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas PMD Kabupaten Kubu Raya Jakariansyah mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung kerja – kerja KPU Kabupaten Kubu Raya guna mewujudkan data pemilih yang lebih akurat. Terkait permintaan yang disampaikan oleh KPU Kabupaten Kubu Raya soal data RT, RW dan Kades di Kabupaten Kubu Raya pihaknya akan berusaha untuk memenuhinya. Ia menambahkan bahwa di Kabupaten Kubu Raya terdapat sekitar tiga ribuan RT dan tujuh ratusan RW, namun untuk saat ini beberapa RT dan RW sedang dilakukan penataan ulang. (Tim Humas)


'