KPU Kabupaten Kubu Raya Bersama Bagian Tata Pemerintahan Setda Kubu Raya lanjutkan kunjungan kerja ke Kecamatan Kubu.

By Administrator  Jumat, 05 November 2021 15:36:53 WIB - dibaca 79 kali

KawanPemilih, KPU Kabupaten Kubu Raya bersama Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Kabupaten Kubu Raya melanjutkan agenda kunjungan kerja, koordinasi dan konsultasi persiapan Pemilihan Umum ke Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya, Kamis (14/11).

Dari kantor, rombongan KPU Kabupaten Kubu Raya berangkat menuju Pangkalan Digdoyo Rasau Jaya melalui jalur darat. Dari pangkalan Digdoyo Rombongan kemudian  melanjutkan perjalanan melewati jalur sungai menggunakan speed boat. Perjalanan ke kecamatan Kubu ditempuh kurang lebih satu jam lamanya.


Sesampai di kantor kecamatan Kubu, rombongan diterima oleh Sutejo, Kasipem Kecamatan Kubu yang juga merangkap sebagai Plh. Sekcam Kubu. Dalam kesempatan tersebut hadir pula perwakilan Panitia Pemilihan Kepala Desa dari lima desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Kubu yang diundang oleh pihak kecamatan, antara lain PPKD Kampung Baru, Pelita Jaya, Jangkang Dua, Teluk Nangka, dan Air Putih. Sementara itu Camat Kubu tidak berada ditempat karena saat bersamaan sedang ada urusan dinas lainnya.

Acara dimulai dengan kata sambutan oleh Sutejo, dalam sambutannya ia mengatakan menyambut baik kedatangan pihak KPU dan Bagian Tapem Setda Kabupaten Kubu Raya, momen ini bisa digunakan sebagai ajang tukar informasi antara Pihak KPU, Tapem, PPKD dan pihaknya, khususnya tentang hal-hal yang berkaitan dengan masalah kepemiluan.

Singgih, Kasubbag Otonomi Daerah Setda Kubu Raya mengatakan bahwa kedatangan pihaknya bersama KPU Kabupaten Kubu Raya adalah dalam rangka koordinasi terkait data pemilih. Selanjutnya Karyadi, Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya menambahkan bahwa KPU dan PPKD adalah sama-sama penyelenggara pemilihan, namun dalam pelaksanaan tugas, masing-masing memiliki payung hukum yang berbeda. “Kalau KPU berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, sedangkan PPKD berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, disamping itu tentu masih ada lagi berbagai peraturan lainnya yang bersifat teknis” katanya.


“Dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan bahwa data pemilih yang kami berikan kepada Dinas PMD Kubu Raya adalah DPT Pemilu terakhir, yaitu Pemilu 2019. Data itu sebenarnya terus kami mutakhirkan setiap bulan secara kontinyu, karenanya kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti Dinas Dukcapil Kubu Raya, Kemenag Provinsi, Diknas Provinsi, termasuk kali ini dengan PPKD di seluruh desa yang melaksanakan Pilkades termasuk dengan PPKD yang sudah hadir ditempat ini. Sebagai PPKD tentunya Bapak-bapak juga telah melakukan pemutakhiran data pemilih. Pergerakan data pemilih inilah yang perlu kami sandingkan dengan PPKD. Kami ingin mengetahui proses pemutakhiran yang telah dilaksanakan oleh PPKD ” tambahnya.

Menanggapi hal itu Pratoyo, PPKD Pelita Jaya mengatakan “proses pemutakhiran data di desa dilaksanakan dengan cara menunjuk Pantarlih, kemudian Pantarlih membuat Data setelah itu mereka melaporkan hasilnya ke PPKD. Data itu kemudian ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS), DPS ini kemudian diumumkan selama satu bulan. Kendalanya ternyata dari RT dan RW kurang paham dengan maksud kami padahal data tersebut sudah kami pisah menurut RT-nya masing-masing. Akhirnya kami klarifikasi Kembali kepada Pantarlihnya. Jadi, kunci data pemilih ini sebenarnya berada pada petugas Pantarlih” tutupnya.

Perbincangan bersama Plh. Sekcam dan PPKD berakhir dengan kesimpulan bahwa data hasil pemutakhiran data pemilih yang telah dilakukan oleh PPKD nantinya akan diserahkan kepada KPU Kabupaten Kubu Raya melalui pihak Kecamatan Kubu  (Tim Humas).


'