KPU Kabupaten Kubu Raya hadiri Pembekalan Kader DP3 di Desa Rasa Jaya Tiga

By Administrator  Rabu, 03 November 2021 21:19:08 WIB - dibaca 70 kali

KawanPemilih, KPU Kabupaten Kubu Raya menghadiri acara Pembekalan Kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) pada lokus desa Rasau Jaya Tiga Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (13/11).

Acara pembekalan ini, dibuka secara resmi oleh Anggota  KPU RI Divisi SDM dan Parmas, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi yang hadir secara daring. Dalam sambutannya, Dewa Raka Sandi mengapresiasi dan menekankan kegiatan ini berkelanjutan untuk mempersiapkan Pemilu dan Pemilihan 2024. Hal ini bertujuan menghasilkan SDM badan adhoc yang berkualitas dan Pemilih yang mandiri dan rasional.


Sementara itu Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ramdan mengatakan bahwa Program DP3 di desa Rasau Jaya Tiga ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 290/PP.06-Kpt/06/KPU/IV/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Desa Peduli Pemilihan Umum dan Pemilihan. “Berdasarkan informasi yang kami terima dari KPU Kabupaten Kubu Raya, Desa Rasau Jaya Tiga termasuk desa rawan bencana kebakaran hutan dan lahan serta rawan konflik, hal itu dinilai berpotensi dapat mengurangi tingkat partisipasi pemilih dan kualitas demokrasi pada Pemilu dan Pemilihan yang akan datang. Disamping itu,  Rasau Jaya Tiga juga secara geografis dinilai relatif dekat dengan ibu kota provinsi, sehingga berdasarkan sejumlah kriteria tersebut  akhirnya KPU Provinsi Kalbar menetapkan Rasau Jaya Tiga sebagai salah satu lokus DP3 di Provinsi Kalbar” katanya.

“Dengan adanya program ini kami berharap para peserta yang sudah direkrut dapat meningkat pemahamannya tentang demokrasi dan kepemiluan serta dapat menularkan pengetahuan tersebut mulai dari lingkungan keluarga hingga dalam pergaulan masyarakat dimana mereka tinggal. Jika itu dilakukan maka kita harapkan akan tercipta pemilih yang berdaulat, tidak mudah diintervensi, tidak mudah diintimidasi, kemudian memiliki sikap mandiri dan rasional dalam mengikuti proses Pemilu dan Pemilihan yang akan datang” tambahnya.  

Turut hadir Kepala Badan Kesbangpol Kalbar, Kesbangpol KKR, Dinas PMD KKR,  Kapolsek Rasau Jaya, Danramil Rasau Jaya, Jajaran Pemerintah Desa Rasau Jaya Tiga, KPU Provinsi Kalbar berserta jajaran sekretariat, dan Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga KPU RI.

Narasumber yang dihadirkan oleh penyelenggara untuk membekali para peserta DP3 kali ini adalah Lomon (Anggota KPU Provinsi Kalbar Divisi Parmas) yang membawakan materi tentang Pengenalan Program DP3. Umi Rifdiyawati (Ketua KPU Provinsi Kalbar Periode 2013-2018) yang membawakan materi tentang Pentingnya Demokrasi, Pemilu dan Partisipasi. AR. Muzammil (Ketua KPU Provinsi Kalbar Periode 2008-2013) yang membawakan materi tentang Teknik Komunikasi Publik. Dan Erwin Irawan (Anggota KPU Provinsi Kalbar Divisi Teknis ) yang membawakan materi tentang Sistem tahapan Pemilu dan Pemilihan.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 25 orang mewakili unsur tokoh masyarakat, pemilih muda, pemilih pemula dan pemilih perempuan. Seluruh peserta mengikuti kegiatan ini hingga selesai pada pukul 16.00 WIB dengan penuh antusias.

Program DP3 yang digagas oleh KPU Republik Indonesia ini terselenggara berkat  kerjasama KPU Provinsi Kalimantan Barat dengan Pemerintah Desa Rasau Jaya Tiga Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya (Tim Humas).

 

 


'