Menyongsong Pemilu Tahun 2024, KPU Kabupaten Kubu Raya Gelar Rakor Persiapan Tahapan Pemilu Tahun 2024 bersama Bawaslu, Pemerintah Daerah dan Partai Politik

By Operator  Selasa, 14 Desember 2021 14:18:39 WIB - dibaca 92 kali

Teman Pemilih, KPU Kabupaten Kubu Raya menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan tema “Menyongsong Persiapan Pemilihan Umum Tahun 2024”, Jumat (10/13). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bawaslu, Instansi Pemerintah Daerah, instansi vertikal didaerah dan Partai Politik di Kabupaten Kubu Raya. Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya yang menghadiri kegiatan tersebut antara lain Badan Kesbangpol, Dinas Dukcapil dan Dinas PMD, serta Bagian Tata Pemerintahan dan Aset. Sedangkan dari instansi vertikal didaerah hadir dari Polres Kubu Raya dan Dandim 1207. Adapun dari Partai Politik di tingkat Kabupaten Kubu Raya hadir dari PKB, Partai Gerindra, PDI-Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, PKS, PPP, PAN, Partai Demokrat, PBB, dan PKPI.

Rapat Koordinasi yang dilaksanakan secara luring/tatap muka dengan protokol Kesehatan Covid-19 itu dimulai sekitar pukul 13.30 WIB bertempat di Kantor KPU Kabupaten Kubu Raya. Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi menyampaikan pentingnya Rapat Koordinasi dilaksanakan mengingat tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 sudah semakin dekat. Menurutnya, perlu persiapan yang matang untuk menyongsong Persiapan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024. Setelah kegiatan resmi dibuka, dilanjutkan dengan Pembacaan Doa oleh Harsani dan kegiatan selanjutnya dipandu oleh Moderator, yaitu Indrayati yang juga selaku Sub Koordinator Hukum KPU Kabupaten Kubu Raya.

Ada tiga pembicara yang memberikan materi terkait kepemiluan, yaitu Encep Endan selaku Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kubu Raya, Ahmad Fauzi selaku Ketua Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Kubu Raya, dan Syaiful Maulana selaku Ketua Divisi Hukum KPU Kabupaten Kubu Raya. Pembicara Pertama, Encep Endan menyampaikan materi terkait Catatan Evaluatif Pelaksanaan Pemilu Tahun 2019, terutama mengenai Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik, serta Penetapan Jumlah Kursi dan Penetapan Daerah Pemilihan Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya.Terkait Pendaftaran dan Verifikasi Partai Politik, Encep Endan menjelaskan tentang Dasar Hukum Pelaksanaan, Persyaratan menjadi Peserta Pemilu, Alur Pendaftaran Calon Peserta Pemilu, Teknis Pelaksanaan, sampai dengan Penggunaan SIPOL sebagai Sistem Informasi Partai Politik yang mempermudah Pendaftaran menjadi Peserta Pemilu. Adapun terkait Penetapan Jumlah Kursi dan Penetapan Daerah Pemilihan Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya, Encep Endan menjelaskan Dasar Hukum, Konsep Penataan dan Penyusunan DAPIL DPRD Kabupaten/Kota, sampai dengan Simulasi Penghitungan Kursi, Jumlah DAPIL, Alokasi Kursi DPRD, dan Pemilih di Kabupaten Kubu Raya.

Selanjutnya Pembicara Kedua, Ahmad Fauzi menyampaikan materi terkait Data Pemilih Berkelanjutan (DPB). Dimulai dari menjelaskan kerangka hukum Penyusunan dan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB), Prinsip Penyusunan Daftar Pemilih, Syarat Pemilih PDPB, Aspek dalam PDPB, Sumber Data dalam PDPB, Permasalahan dalam PDPB, sampai dengan Manajemen Data Pemilih yang selama ini dijalankan secara berkesinambungan.

Kemudian Pembicara Ketiga, Syaiful Maulana memaparkan materi terkait Dinamika Regulasi Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024. Dalam pemaparannya, Syaiful Maulana menjelaskan tentang Hukum Pemilu yang Demokratis dan Berkepastian Hukum, Dasar Hukum Pemilu yang diatur dalam UU No. 7 Tahun 2017, Dasar Hukum Pemilihan yang diatur dalam UU No. 10 Tahun 2017, sampai dengan Persiapan dan Tantangan yang akan dihadapi Menuju Pemilu 2024.

Setelah ketiga Pemateri memaparkan materinya, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dengan berakhirnya sesi tanya jawab, kegiatan tersebut diakhiri sekitar pukul 17.00 WIB. Diharapkan dari kegiatan tersebut, seluruh peserta yang hadir dapat lebih memahami dan mempersiapkan diri dalam menyongsong Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024 (Yat).


'