Moment dan Kado Akhir Tahun 2021, KPU Kubu Raya Gelar Rakor DPB periode triwulan IV

By Operator  Kamis, 30 Desember 2021 12:16:57 WIB - dibaca 59 kali

KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN KUBU RAYA laksanakan Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 periode Triwulan IV, tanggal 27 Desember 2021.

Rapat Koordinasi tersebut dimulai jam 09.30 WIB dihadiri oleh Komisioner KPU Kubu Raya dan jajaran Sekretariat KPU Kubu Raya, Bawaslu Kubu Raya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kubu Raya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kubu Raya, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kubu Raya, Polres Kabupaten Kubu Raya, Kodim 1207/Pontianak, Kepala Lapas Kelas 2A Pontianak dan seluruh pimpinan Partai Politik tingkat Kabupaten Kubu Raya sesuai dengan Surat Undangan Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Nomor 46/PL.02-1-Und/6112/2021 tanggal 24 Desember 2021.


Dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi, Ketua KPU Kubu Raya Karyadi menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi ini adalah agenda rutin KPU Kubu Raya yang digelar secara periodik 3 bulanan. “Rapat koordinasi ini merupakan hal yang wajib dilaksanakan oleh KPU Kubu Raya sesuai dengan Surat Dinas KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 sebagaimana telah diubah dengan Surat Dinas Ketua KPU RI Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021”, ujarnya.
Karyadi menambahkan bahwasanya Rapat Koordinasi ini seyogianya akan digelar secara luring, namun mengingat kondisi ruangan pertemuan yang tidak cukup menampung jumlah peserta dan dalam upaya penerapan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 akhirnya rapat koordinasi ini digelar secara daring via zoom meeting.
Setelah membuka Rapat Koordinasi secara resmi, Karyadi yang bertindak sebagai pimpinan rapat mempersilahkan Anggota KPU Kubu Raya Divisi Perencanaan dan Data, Ahmad Fauzi untuk membacakan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan periode triwulan IV tingkat Kabupaten Kubu Raya. Adapun rekapitulasi jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Berkelanjutan periode triwulan IV yakni pemilih laki-laki sejumlah 213.249, pemilih perempuan sejumlah 208.388 dengan total pemilih sejumlah 421.637 yang tersebar di 9 Kecamatan di Kabupaten Kubu Raya.


Ahmad Fauzi memaparkan bahwa terdapat penambahan sebanyak 58 orang pemilih dari penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Triwulan III yang sudah ditetapkan oleh KPU Kubu Raya sebelumnya. “Ini merupakan hal yang wajar karena grafik mobilisasi pemilih baik yang pindah domisili, alih status, pemilih pemula maupun meninggal dunia”, ujarnya.
“KPU Kubu Raya dalam melakukan proses pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan ini mengedepankan unsur ketelitian dan kehati-hatian sehingga dalam mengakomodir laporan dan tanggapan masyarakat diwajibkan mengisi form tanggapan dan crosscheck di lapangan yang dibuktikan dengan lengkapnya administrasi form tanggapan tersebut”. “Terkait form tanggapan, harus memiliki elemen data yang lengkap”. tambahnya.
Dirinya juga menyampaikan bahwa perlunya kerjasama lintas sektoral yang terjalin baik antara KPU Kubu Raya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Bawaslu Kubu Raya serta stake holder lainnya untuk sajian data pemilih yang berkualitas.

“KPU Kubu Raya kemarin juga mempergunakan data coklit pemilih Pilkades serentak di Kabupaten Kubu Raya yang didapatkan dari hasil koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kepala Desa serentak Kabupaten Kubu Raya dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai data sanding dalam proses pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan ini”, Ujarnya.
Setelah pembacaan rekapitulasi Daftar Pemilih tersebut, dilanjutkan dengan Pembacaan Berita Acara KPU Kabupaten Kubu Raya Nomor 21/Pl.02.1/6112/2021 tentang Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 Periode Triwulan IV oleh Syaiful Maulana, Anggota KPU Kubu Raya Divisi Hukum dan Pengawasan.

Berita Acara berikut hasil rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan tersebut selanjutnya di tandatangani oleh Ketua dan Anggota KPU Kubu Raya dan disampaikan kepada seluruh peserta rapat koordinasi, diumumkan di website KPU Kubu Raya dan ditempel di papan pengumuman KPU Kubu Raya.

Rapat Koordinasi tersebut berjalan dengan baik dan lancar, diakhiri dan ditutup oleh Ketua KPU Kubu Raya dengan ketokan palu sidang pada pukul 12.30 WIB setelah tidak adanya tanggapan lagi oleh peserta rapat.(Myd)


'