Mutakhirkan Data Pemilih, KPU Kabupaten Kubu Raya Lanjutkan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Sungai Ambawang

By Administrator  Sabtu, 27 November 2021 16:34:40 WIB - dibaca 92 kali

Teman Pemilih, KPU Kabupaten Kubu Raya melanjutkan agenda kunjungan kerja Bersama Bagian Tata Pemerintahan Setda Kubu Raya ke Kecamatan Sungai Ambawang, Rabu (24/11). Dalam kunjugannya, Komisioner KPU Kabupaten Kubu Raya hadir lengkap, yaitu Karyadi selaku Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya, Encep Endan selaku Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ahmad Fauzi selaku Ketua Divisi Program dan Data, Syaiful Maulana selaku Ketua Divisi Hukum, dan Syarifah Nuraini selaku Ketua Divisi SDM dan Parmas. Selain itu, hadir juga dari Sekretariat KPU Kabupaten Kubu Raya, yaitu Rajemi selaku Kasubbag Teknis dan Hupmas, beserta 3 orang staff lainnya. Adapun dari Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Kubu Raya, yaitu Singgih Erik selaku Kasubbag Otonomi Daerah.

Setibanya di Kantor Kecamatan Sungai Ambawang, rombongan disambut oleh Satuki selaku Camat Sungai Ambawang beserta beberapa staff dilingkungan Kecamatan Sungai Ambawang. Selain itu, kegiatan tersebut dihadiri juga oleh  Penyelenggara Pilkades serentak Tahun 2021 dari 9 Desa di Kecamatan Sungai Ambawang yaitu PPKD Pasak Piang, Pasak, Puguk, Simpang Kanan, Durian, Pancaroba, Lingga, Korek dan Ambawang Kuala.

Acara dimulai dengan sambutan dari Camat Sungai Ambawang, Satuki. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Kabupaten Kubu Raya beserta Perwakilan Pemkab Kubu Raya yang sudah mengunjungi Kecamatan Sungai Ambawang. Satuki menjelaskan dinamika Pilkades yang sudah terselenggara dengan baik dan lancar di 9 desa pada Kecamatan Sungai Ambawang “Dengan berbagai dinamika yang terjadi, Pilkades di Sungai Ambawang berjalan dengan baik dan lancar. Kami informasikan pula bahwa dari 9 desa yang menyelenggarakan Pilkades, terdapat 3 desa yang mempunyai Kades baru di desanya” jelasnya.

Selanjutnya dari Tapem Setda Kubu Raya, Singgih Erik menyampaikan kegiatan tersebut merupakan program kunjugan kerja yang diselenggarakan ke 9 Kecamatan di Kubu Raya. “Ini merupakan kunjungan ke - 8 dari 9 kecamatan di Kabupaten Kubu Raya yang rencananya akan kami kunjungi” ujarnya.

Pada kesempatan berikutnya, Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya, Karyadi menyampaikan juga rasa terimakasihnya kepada Camat Sungai Ambawang yang sudah menyambut kunjungannya dengan baik. Selanjutnya ia memperkenalkan seluruh personil yang hadir dari KPU Kabupaten Kubu Raya, kemudian menjelaskan maksud dan tujuannya melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Sungai Ambawang. “Disini kami tidak ada intervensi untuk penyelenggaraan Pilkades, terlebih Tahapan Pilkades di Sungai Ambawang dan di Kabupaten Kubu Raya pada umumnya telah selesai dilaksanakan. Tujuan kunjungan kami kesini adalah dalam rangka mencari data dan informasi terkait pergerakan data pemilih, pasca dilaksanakannya Pilkades di daerah ini guna menunjang proses pendataan pemilih yang terus kami mutakhirkan secara berkelanjutan. Tentunya saat Pilkades kemarin, kawan-kawan Panitia Pemilihan Kepala Desa telah melakukan pemutakhiran data pemilih didesanya masing-masing” tegasnya. Ia menambahkan bahwa dengan jumlah pemilih terbesar nomor 3 di Kabupaten Kubu Raya, tentu berpotensi akan banyak perubahan data pemilih di Kecamatan Sungai Ambawang yang harus dimutakhirkan. Karyadi juga memberikan informasi terkait Pemilu dan Pemilihan yang akan diserentakkan di Tahun 2024. Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya tersebut meminta kepada pihak Kecamatan untuk dapat mendukung penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan, baik dari segi sarana dan prasarana maupun tenaga yang dibutuhkan. Disamping tujuan yang telah dipaparkan, kunjugan kerja tersebut juga untuk silaturahmi sekaligus membantu menjawab permasalahan-permasalahan yang dialami terkait isu kepemiluan di desa yang melaksanakan Pilkades serta meminta saran dan masukan untuk penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan ke depannya.

Selanjutnya, Karyadi memberikan kesempatan kepada Komisioner KPU Kabupaten Kubu Raya lainnya untuk menjelaskan beberapa hal yang ingin disampaikan. Encep Endan selaku Ketua Divisi Teknik Penyelengaraan menjelaskan beberapa hal. “Tidak ada hubungan secara struktural antara KPU dengan PPKD, namun KPU tetap memantau penyelenggaraan Pilkades. Kami senang mendengar Pilkades berjalan lancar, dengan itu diharapkan Pemilu dan Pemilihan ke depannya juga akan berjalan dengan lancar” ujarnya. Terkait Data Pemilih Berkelanjutan, Ahmad Fauzi selaku Ketua Divisi Program dan Data juga menyampaikan beberapa hal. “KPU dituntut untuk berkoordinasi ke berbagai pihak untuk Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB). Dengan kerjasama kita bersama, dapat membantu akurasi DPB untuk kepentingan kita bersama” ujarnya. Dalam segi produk hukum, Syaiful Maulana selaku Ketua Divisi Hukum menjelaskan keberadaan JDIH (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum) KPU Kabupaten Kubu Raya. “KPU juga sedang mengembangkan JDIH untuk digitalisasi dan sosialisasi produk hukum. Selain itu juga mengembangkan Media Sosial JDIH untuk mensosialisasikan produk hukum apa saja yang ditetapkan oleh KPU” jelasnya. 

Sementara itu, terkait Pendidikan Pemilih, Syarifah Nuraini selaku Ketua Divisi SDM dan Parmas menjelaskan bahwa untuk saat ini KPU mempunyai program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3). “Kebetulan Kabupaten Kubu Raya baru – baru ini ditetapkan sebagai salah satu Lokus program DP3, tepatnya di desa Rasau Jaya Tiga, Kecamatan Rasau Jaya. Diharapkan dari program tersebut dapat mencetak kader di Desa yang bisa membantu KPU mewujudkan pemilih yang cerdas dan berdaulat. Oleh karenanya kami berharap kedepannya program DP3 ini dapat dilaksanakan di seluruh desa sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan Pemilihan sekaligus meningkatkan kualitas demokrasi di negara dan daerah kita” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga, diadakan sesi tanya jawab khususnya dari Penyelenggara Pilkades kepada KPU Kabupaten Kubu Raya. Banyak pertanyaan yang diajukan, mulai dari permasalahan aturan yang belum cocok diterapkan di lapangan, perekrutan badan adhoc, permasalahan DPT, hingga persoalan Pemilih yang Golput. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik oleh Komisioner KPU Kabupaten Kubu Raya.

Kunjungan Kerja ke Kecamatan Sungai Ambawang yang dilaksanakan hingga Pukul 12. 30 WIB ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan makan siang, selanjutnya KPU Kabupaten Kubu Raya akan menutup Kunjungan Kerjanya di Kecamatan Sungai Raya (Yat).


'