Siapkan Pilkada Serentak, KPU Kubu Raya Lakukan Kunker ke KPU Kabupaten Sintang

By Administrator  Sabtu, 06 November 2021 22:08:11 WIB - dibaca 41 kali

SUNGAI RAYA - Dalam rangka terus mematangkan persiapan dalam menghadapi tahapan pemilu 2024 mendatang, Sejumlah langkah persiapan terus dilakukan oleh KPU Kabupaten Kubu Raya. Kali ini, Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya bersama Dua Komisioner bersama Asisten 1 dan Kabag Tata Pemerintahan dan Aset Pemda Kabupaten Kubu Raya dan melakukan Kunjungan Kerja di KPU Kabupaten Sintang.

Kunker tersebut dilakukan pada 29 September 2021 Lalu. Rombongan KPU Kabupaten Kubu Raya disambut dengan ramah oleh Ketua KPU Kabupaten Sintang bersama para komisioner dan fungsionaris KPU Kabupaten Sintang.

Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi menyampaikan rasa apresiasi tinggi dan terima kasih atas kesediaan waktu, sambutan dan pelayanan yang dilakukan oleh KPU Sintang.  Menurutnya Kunker yang dilakukan itu selain utk memperkuat tali silaturahmi dan komunikasi antara KPU KKR dengan KPU Sintang, juga bermaksud untuk menggali pengalaman dan proses teknis penyelenggaraan pemilihan yg dilakukan oleh KPU sintang dalam menghadapi pra persiapan dan pasca pilkada 2020.
 
Hal itu sangat menarik untuk diketahui, karena memperhatikan kondisi geografis kabupaten sintang yg terdiri dari 14 Kecamatan, 391 desa dan 16 kelurahan yang masih banyak wilayah sulit untuk dilalui transportasi. Utamanya saat  melakukan distribusi logistik dan proses koordinasi dengan PPK dan PPS ditengah wabah pandemi covid-19 melanda.

"Saya pikir ini menarik, dan kita perlu belajar dengan KPU Sintang tentang bagaimana teknis penyelenggaraan pemilu dengan penerapan prokes ketat di tengah wabah covid-19," ujarnya.

Hal Senada juga disampaikan oleh Perwakilan Setda Pemkab Kubu Raya yang diwakili oleh Asisten I Pemda KKR Mustafa menyampaikan salam hangat dan salam bahagia dari Bupati KKR Bapak H.Muda Mahendrawan, S.H.,M.Kn semoga sintang dapat melalui musibah banjir dengan tabah dan masyarakat dapat beraktivitas kembali seperti sedia kalanya.

"Kunjungan kerja ini sekiranya dapat dilaksanakan merupakan hasil tindak lanjut adanya MOU Pemda KKR dengan KPU KKR," ujarnya.

Ia menerangkan bahwa kunjungan kerja ini dapat dijadikan tolak ukur pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan serentak 2024 di Kabupaten Kubu Raya, terlebih apabila kondisi pandemi covid 19 masih berlangsung sehingga perlu didalami bagaimana alur teknis proses tahapan dan jadwal yg dilalui oleh KPU Sintang.
Sementara itu, Ketua KPU Sintang, Hazizah menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan KPU KKR ke bumi senentang. Ia berharap kunjungan itu dapat memperkuat silaturrahim dan menambah pengalaman dalam menghadapi tahapan dan jadwal pemilu/pemilihan serentak 2024.

"Saya mengucapkan terimakasih atas kunjungan ke KPU Sintang. Saya pikir ini merupakan wahana untuk memperkuat Soliditas antar penyelenggara pemilu dalam menuju pemilu yang berintegritas," ujarnya.

Komisioner KPU Kabupaten Sintang dua periode itu juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam sambutan dan pelayanan yang kurang berkenan selama rombongan KPU KKR dan Pemda KKR berada di kabupaten sintang. Hazizah menjelaskan terkait bahwa suksesnya penyelenggaraan pilkada 2020 di Kabupaten Sintang merupakan sukses bersama dan tidak hanya milik KPU Sintang saja.
Tetapi juga merupakan sebuah kesuksesan yg besar pemerintah daerah Kabupaten Sintang, TNI/ Polri, para pemangku kepentingan serta masyarakat sintang pada umumnya.

"Peran penting pemerintah daerah kabupaten sintang dalam suksesnya perhelatan pilkada 2020 tersebut terutama dalam hal yang berkaitan dengan kesediaan anggaran dan SDM yg mendukung setiap proses kerja yang dilakukan oleh KPU Sintang," ujarnya.

Hal yang paling penting, menurut Hazizah adalah peran penting masyarakat sintang dalam menjaga kondusifnya suasana sepanjang proses tahapan demokratisasi tersebut dilaksanakan di kabupaten Sintang
Acara kunjungan kerja tersebut dilanjutkan dengan pertukaran cinderamata antara KPU KKR dan Pemda KKR dengan KPU Sintang, dan diakhiri dengan sesi foto bersama. (fz*)


'