Sosialisasikan Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024, KPU Kabupaten Kubu Raya Gelar Nonton Bersama

By Operator  Rabu, 16 Februari 2022 14:33:52 WIB - dibaca 273 kali

KPU Kabupaten Kubu Raya menggelar nonton bersama Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024, Senin (14/2). Kegiatan nonton bersama yang diselenggarakan di halaman Kantor KPU Kabupaten Kubu Raya itu turut dihadiri oleh Forkopimda, Instansi Pemda, Bawaslu, Partai Politik, dan Media Massa. Kegiatan yang dimulai pada pukul 18.30 WIB itu dilaksanakan dengan Protokol Pencegahan Covid-19 .

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi dan Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah. Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan serentak yang dilakukan di seluruh Satker KPU/KIP Aceh se - Indonesia atas instruksi dari KPU Republik Indonesia. KPU RI bersama KPU Provinsi melaksanakan acara yang serupa melalui Zoom Meeting. Sedangkan KPU Kabupaten/Kota melaksanakan kegiatan melalui Live Streaming Channel Youtube KPU RI. “Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk menyambut perhelatan Pemilu Serentak Tahun 2024. Artinya tepat dua tahun mendatang, kita akan melaksanakan pesta demokrasi” ujarnya. Sebelumnya, KPU RI sudah mengeluarkan Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022 tentang Hari dan Tanggal Pemungutan Suara pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Serentak Tahun 2024. Dalam keputusan tersebut, KPU RI menetapkan Tanggal 14 Februari 2024 sebagai Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024. Karyadi mengatakan bahwa dengan Penentuan Tanggal 14 Februari 2024 sebagai Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 menepis segala anggapan bahwa ada pengunduran masa jabatan dan sebagainya. “Ini memberikan pembuktian bahwa KPU menjadi penentu hari dan tanggal Pemungutan Suara Pemilu namun tetap berkoordinasi dengan pihak terkait” tambahnya. Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, diharapkan seluruh pihak pemangku kepentingan memberikan informasi yang sama kepada masyarakat bahwa pelaksanaan Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak akan dilaksanakan tanggal 14 Februari 2024. Dengan demikian diharapkan pelaksanaan Pemilu berjalan dengan damai yang ditandai adanya kerjasama dari semua pihak. Karyadi menegaskan kembali bahwa Tahun 2024 Selain pelaksanaan Pemilu Serentak untuk Pilpres dan Pileg, tanggal 27 November 2024 juga akan dilaksanakan Pemungutan Suara Pilkada Serentak. “Untuk itu harus dipersiapkan semaksimal mungkin, baik secara fisik dan mental karena akan ada irisan dalam tahapan-tahapan Pemilu dan Pilkada” jelasnya.

Karyadi juga berpesan agar seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Kubu Raya sudah memastikan diri terdaftar dalam Daftar Pemilih. “Kami mempunyai program Daftar Pemilih Berkelanjutan yang setiap bulannya kami lakukan pemutakhiran dan tiap tiga bulan sekali kami mengundang pemangku kepentingan untuk melakukan rapat koordinasi. Silahkan dapat mengecek data diri apakah sudah terdaftar menjadi pemilih melalui website https://lindungihakmu.kpu.go.id” pesannya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Agus Sudarmansyah menyampaikan dukungannya untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. “Kami dari Pemerintah Daerah, khususnya kami dari DPRD Kabupaten Kubu Raya sangat mendukung dan berharap KPU Kabupaten Kubu Raya bisa melaksanakan seluruh tahapan dengan baik dan benar” ujarnya. Agus Sudarmansyah juga mengingatkan kepada seluruh partai politik untuk mempersiapkan diri menghadapi tahapan Pemilu yang dimulai tahun 2022 ini. “Berkaitan dengan Pemilu, kita dan terutama rekan-rekan partai politik, acara ini merupakan sebagai pengingat untuk mulai berbenah. Sebelumnya dari KPU sudah mengingatkan bahwa sekitar bulan Juni 2022 partai politik di tingkat pusat sudah mendaftarkan menjadi peserta pemilu dan verifikasi di daerah sudah dimulai sekitar Juli atau Agustus 2022” tegasnya. Terkait kendala-kendala seperti Pemekaran Wilayah dan kondisi kantor, Agus Sudarmansyah mengatakan akan mengupayakan lebih lanjut agar persoalan tersebut dapat teratasi.

Setelah kata sambutan yang disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya dan Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, kegiatan nonton bersama Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 pun dimulai. Rangkaian acara Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 dimulai dari Pembukaan oleh MC, Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Doa, Laporan pelaksanaan kegiatan oleh Deputi Bidang Dukungan Teknis KPU RI, Sambutan Ketua KPU RI, hingga Prosesi Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 yang secara simbolis dilakukan pencoblosan surat suara oleh Komisioner KPU RI beserta Sekretaris Jenderal KPU RI.

Adapun dalam Laporan pelaksanaan kegiatan oleh Deputi Bidang Dukungan Teknis KPU RI Eberta Kawima dan Sambutan Ketua KPU RI Ilham Saputra disampaikan beberapa hal. Deputi Bidang Dukungan Teknis KPU RI Eberta Kawima menjelaskan dasar pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan. “Dasar pelaksanaan kegiatan berdasarkan Keputusan KPU RI Nomor 21 Tahun 2022 yang menetapkan Hari Rabu Tanggal 14 Februari 2024 adalah hari dan tanggal pemungutan suara pada Pemilu Serentak tahun 2024. Bahwa pada tanggal 14 Februari 2022 tepat 24 bulan atau 2 tahun menjelang hari dan tanggal Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024, kami melaksanakan kegiatan peluncuran hari dan tanggal pemilu serentak tahun 2024 di kantor KPU RI” jelasnya. Selain itu, Eberta Kawima mengatakan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut. “Maksud dan tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi, publikasi, dan sosialisasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat di seluruh Indonesia bahwa tepat dua tahun mendatang akan diselenggarakan Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024. Yang dimana tahapannya akan dimulai pada bulan Juni 2022 sehingga dengan demikian diharapkan informasi ini dapat terus disampaikan secara berjenjang dan berkesinambungan” ucapnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua KPU RI Ilham Saputra menyampaikan beberapa hal. Ia menjelaskan tentang persiapan yang dilakukan KPU RI dalam mensukseskan Pemilu Tahun 2024. “Saat ini KPU terus mempersiapkan diri, menyiapkan regulasi, menyiapkan SDM, menyiapkan infrastruktur dalam rangka mensukseskan Pemilu tahun 2024” jelasnya. Persiapan yang dilakukan juga terkait dengan persiapan anggaran, khususnya dalam meningkatkan sarana dan prasaran pada kantor KPU di beberapa daerah. “KPU RI berkomitmen untuk mengembangkan sarana dan prasarana KPU di Kabupaten/Kota maupun di Provinsi. Melihat kondisi kantor KPU di beberapa daerah yang masih meminjam dari Pemda atau kontrak di beberapa ruko pada daerah tertentu. Hal itu merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan sarana dan prasarana dalam rangka mensukseskan Pemilu Tahun 2024” ucapnya. Selain anggaran untuk sarana dan prasarana, Ilham Saputra juga berharap agar honor petugas badan adhoc bisa dinaikan. Hal itu diharapkan agar segera diputuskan karena Anggota KPU periode selanjutnya membutuhkan kepastian dalam mensukseskan Pemilu Tahun 2024. Ilham Saputra mengatakan pentingnya Pemilu karena akan menentukan roda pemerintahan lima tahun ke depan. “Kita berharap pemimpin - pemimpin kita ke depan bisa mensejahterakan masyarakat dan bangsa ini. Tentu ini harus dimulai dengan penyelenggaraan Pemilu yang demokratis” ujarnya, Ilham Saputra juga menjelaskan terkait persiapannya menghadapi tahapan pemilu Tahun 2024 yang dimulai dari Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik sebagai Peserta Pemilu. Oleh karenanya, Ilham Saputra mengingatkan kembali kepada Partai Politik atau Stakeholder untuk mempersiapkan diri menghadapi Pemilu Tahun 2024. Di akhir sambutannya, Ilham Saputra menjelaskan kembali bahwa kegiatan yang diselenggarakan tersebut diikuti oleh jajaran Satker KPU/KIP Aceh di 34 Provinsi secara daring bersama Forkopimda dan Partai Politik serta KPU/KIP Kabupaten/Kota melalui Live Streaming yang disiarkan langsung oleh Media Humas KPU RI. “Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kita berharap agar masyarakat lebih peduli terhadap pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024. Kegiatan ini untuk sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat paham dan peduli serta ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024” tambahnya.

Setelah sambutan dari Ketua KPU RI Ilham Saputra, kegiatan dilanjutkan dengan Prosesi Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024. Dengan telah diselenggarakannya Prosesi Peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024, acara diakhiri dengan sesi foto bersama dengan seluruh tamu undangan. (Yat)


'