Sosialisasikan keberadaan Bakohumas, KPU Kabupaten Kubu Raya Selenggarakan Rapat Koordinasi Sosialisasi Pembentukan Bakohumas KPU Kabupaten Kubu Raya

By Administrator  Minggu, 04 Desember 2021 11:50:14 WIB - dibaca 100 kali

#TemanPemilih, KPU Kabupaten Kubu Raya menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sosialisasi Pembentukan Bakohumas KPU Kabupaten Kubu Raya secara daring melalui Zoom Meeting, Kamis (2/12). Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09.00 Wib tersebut diselenggarakan dalam rangka menginformasikan keberadan Bakohumas KPU Kabupaten Kubu Raya kepada para pemangku kepentingan. Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi menegaskan bahwa Bakohumas diperlukan dalam rangka mempermudah  alur koordinasi dan diseminasi informasi kepemiluan kepada seluruh pemangku kepentingan. “Bakohumas sebagai wadah koordinasi kehumasan berperan penting dalam hal diseminasi informasi kepemiluan, terutama dalam menyongsong Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024” ujarnya.  Selanjutnya Karyadi mengatakan bahwa ada tiga hal yang melatarbelakangi pembentukan Bakohumas “Terdapat tiga hal yang melatarbelakangi pembentukan Bakohumas, yang pertama, masifnya perkembangan informasi di era digital, kedua, distorsi informasi tentang pemilu dan pemilihan, dan yang ketiga, amanat dan tuntutan regulasi yang mewajibkan KPU untuk menyebarluaskan informasi terkait kepemiluan kepada seluruh pemangku kepentingan” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut para pemangku kepentingan dari unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya seperti Sekda, Diskominfo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Disdukcapil dan Kesbangpol. Dari Kodim 1207, Danlanud Supadio, Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Bawaslu Kabupaten Kubu Raya, Pimpinan Partai Politik, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Ormas, OKP, LSM, Lembaga Penyiaran, dan Media Massa.

Kegiatan Rapat Koordinasi yang dijadwalkan selama kurang lebih satu jam tersebut dipandu oleh Rajemi selaku Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Kubu Raya, sedangkan Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kabupaten Kubu Raya Syarifah Nuraini bertindak selaku narasumber Sosialisasi Bakohumas. Dalam pemaparannya Syarifah Nuraini menjelaskan banyak hal terkait Bakohumas mulai dari dasar hukum yang melandasi pembentukan Bakohumas, struktur, tujuan, peran, jenis informasi, sampai dengan cara identifikasi hoaks. Ia juga mengatakan bahwa Bakohumas berperan penting dalam penyelenggaraan Pemilu serentak 2024, yaitu dalam hal penyebaran informasi penyelenggara dan penyelenggaraan Pemilu, membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya partisipasi dalam Pemilu, menciptakan situasi yang kondusif, mendorong masyarakat menggunakan hak pilih secara rasional, meningkatkan kepercayaan public, sebagai juru bicara informasi kepemiluan, serta membangun kerjasama antar instansi atau lembaga untuk penyebaran informasi kepemiluan. Berkaitan dengan isu hoaks yang sering terdengar menjelang Pemilu, Syarifah Nuraini mengatakan Bakohumas dapat berperan mengantisipasi penyebaran isu hoaks dan memaparkan cara mengidentifikasi hoaks. “Salah satu cara mengidentifikasi hoaks dapat dilihat dari sumber informasi atau medianya yang tidak jelas  identitasnya, judulnya terlihat provokatif, serta dipenuhi iklan yang mengarahkan untuk klik, apabila ingin lebih memastikan kebenaran informasinya dapat dicek di lama kominfo cekfakta.com atau turnbackhoax.id” jelasnya.

Setelah pemaparan materi Sosialisasi Pembentukan Bakohumas KPU Kabupaten Kubu Raya, kegiatan diambil alih oleh moderator untuk dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Adapun beberapa pertanyaan yang dilontarkan kepada KPU Kabupaten Kubu Raya terkait Bakohumas mulai dari perbedaan Bakohumas dengan grup LO Partai Politik yang sudah ada sampai dengan tindaklanjut dari kegiatan tersebut. “Tindaklanjut dari kegiatan ini nantinya akan dibentuk grup Whatsapp Bakohumas KPU Kabupaten Kubu Raya yang isinya terdiri dari perwakilan dari setiap lembaga, ormas dan lainnya sebagai pemangku kepentingan” tutup Syarifah Nuraini.

Dengan berakhirnya sesi tanya jawab, kegiatan inipun ditutup sekitar pukul 11.00 WIB. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, seluruh pemangku kepentingan Bakohumas KPU Kabupaten Kubu Raya dapat lebih memahami apa itu Bakohumas, serta dapat bergabung ke dalam Group WhatsApp Bakohumas KPU Kabupaten Kubu Raya yang akan segera dibentuk dalam waktu dekat (Tim Humas).


'