Update Prores Data Pemilih, KPU Kabupaten Kubu Raya Intensifkan Koordinasi dengan Disdukcapil.

By Administrator  Minggu, 07 November 2021 12:15:49 WIB - dibaca 62 kali

SUNGAI RAYA - KPU Kabupaten Kubu Raya secara aktif terus mengupdate progres data pemilih. Satu di antara upaya yakni dengan meningkatkan intensitas komunikasi dan koordinasi dengan lintas stakeholder seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kubu Raya.

Baru baru ini, Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi bersama dengan Komisioner KPU Kabupaten Kubu Raya divisi perencanaan dan data Ahmad Fauzi melakukan audiensi dengan Disdukcapil Kabupaten Kubu Raya.

Karyadi menjelaskan bahwa bahwa sumber data utama KPU dalam proses pemutakhiran daftar pemilih berasal dari Disdukcapil. Oleh karena itu, data penduduk yang belum dimigrasikan ke aplikasi Sistem Data Pemilih (Sidalih) akan dilakukan penginputan elemen data dan singkronisasi pembagian TPS terlebih dahulu.

"Dalam pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan KPU KKR juga menerima tanggapan dan laporan dari masyarakat terkait pemilih yg meninggal dunia, pindah domisili dan pemilih pemula," ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa tanggapan dan laporan tersebut akan dicatat dalam form tanggapan yang sudah tersedia. Form tersebut dapat diisi dengan dilengkapi dengan alat dukung yang kuat sehingga dapat menegaskan atau menjadi bukti atas tanggapan dan laporan tersebut.

Komisioner KPU Kubu Raya Divisi Perencanaan dan Data Ahmad Fauzi menambahkan bahwa saat ini KPU KKR juga sedang on tracking data sanding pemilih, salah satu data tersebut yakni daftar pemilih pilkades serentak 2021 di Kabupaten Kubu Raya.

"Untuk data daftar pemilih pilkades tersebut, kami telah melakukan kunjungan kerja ke setiap kecamatan dan melakukan kerjasama dengan bagian Dinas Pemerintahan Desa Kabupaten Kubu Raya," ujarnya.

Dirinya mengatakan data sanding tersebut seyogianya akan kita sandingkan didalam proses pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kubu Raya Nur Marini menyampaikan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada prinsipnya Disdukcapil siap mendukung kerja tuntas dan tugas KPU KKR.

"Kami selalu siap mendukung kerja-kerja KPU terutama dalam hal update data pemilih di Kabupaten Kubu Raya," ujarnya.

Nur Marini juga menegaskan bahwa pihaknya sebagai bagian dari pemerintah Kabupaten Kubu Raya juga akan selalu terbuka untuk berkomunikasi untuk mewujudkan kualitas data pemilih yang baik.

"Kita selalu membuka ruang koordinasi dan komunikasi yang intens dengan KPU KKR, ujarnya.


'